Waspadai, 6 Penyakit yang Dapat Menular Lewat Ciuman

Berciuman adalah salah satu bentuk aktivitas ritual yang di lakukan oleh dua orang karena suatu perwujutan rasa kasih sayang dan cinta terhadap pasangannya.

Ciuman jika di lakukan dalam kondisi keduanya sehat tidak bermasalah dan bahkan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh, namun jika salah satu atau keduanya tidak sehat artinya dalam tubuhnya terdapat kuman atau bakteri maka sangat beresiko untuk terjadi penularan penyakit terhadap aktivitas ini.

Yang di maksud ciuman disini tentu saja bukan ciuman pipi atau kening namun ciuman bibir, rongga mulut yang tidak sehat mengandung banyak bakteri atau virus yang dapat menular ke pasangannya saat terjadi aktivitas ini.

Menurut Drg. Ardiansyah dalam suatu program solusi gigi sehat, menerangkan bahwa kebersihan rongga mulut perlu di perhatikan karena akan berdampak kepada kesehatan diri dan orang lain, terutama jika Anda sering melakukan ciuman bibir dan lidah.

Bakteri atau virus yang biasa di temukan di dalam air liur atau saliva adalah virus EBV (Ebstein Bar Virus) virus Cytomegalovirus, kuman Streptococcus (penyebab penyakit radang tenggorokan), kuman Coxsackie, virus herpes tipe 1, Hepatitis B dan C ( Penyebab terjadinya penyakit herpes simpleks).

Lalu bagaimana dengan HIV? Virus HIV tetap di temukan dalam saliva namun sampai saat ini masih belum terbukti bahwa penyakit HIV menular melalaui ciuman, namun tetap saja beresiko menular saat berhubungan dengan penderita HIV.





Berikut ini 6 penyakit lain yang bisa menular melalui ritual ciuman antara lain

1. Flu

Virus ini sangat mudah menular apalagi jika kondisi tubuh Anda tidak sehat atau sistim imunnya lemah. Virus penyebab flu menular dengan baik melalui kontak langsung dengan penderita melalui sekresi (lendir atau cairan) yang keluar dari mulut dan hidung.

2. Hepatitis B

Penyakit ini menular saat terjadi ciuman yang mengandung darah dari penderita, biasanya saat terjadi ciuman rongga mulut mengalami luka kecil dan mengeluarkan darah, jika darah ini mengandung virus hepatitis dan cairan saliva yang mengandung darah tersebut berpindah ke mulut pasangan maka pasangan Anda pun beresiko terkena Hepatitis B juga.

3. Kutil

Kutil terjadi karena adanya penebalan kulit luar yang di sebabkan oleh virus HPV yang memang biasanya menyerang kulit. Jika kutil ini tumbuh di rongga mulut dan terdapat luka maka virus ini memiliki peluang untuk berpindah ke pasangan ciuman sehingga dapat beresiko menderita penyakit kutil juga.

4. Glandular fever

Penyakit ini biasanya banyak menyerang para kaum remaja yang sedang di mabuk asmara. Penularan virus ini terjadi saat ciuman berlangsung lama sehingga memungkinkan cairan saliva atau lendir dapat berpindah ke mulut pasangannya, mereka justru sering lebih lama memainkan lidah dengan pasangannya dan saling menggigit.

Ini sangat beresiko jika salah satu pasangan menderita virus tersebut. Penyakit Glandular fever biasa di sebut juga dengan Infeksi mononukleosis yang di sebabkan oleh virus Epstein Bar.

Gejala bagi penderita virus ini adalah rasa pusing yang datang secara tiba-tiba, sakit tenggorokan, demam, merasa cepat lelah, mudah timbul amandel dan nafsu makan berkurang.

5. Herpes

Herpes sangat mudah menular ke orang lain atau pasangan jika lesi atau benjolan yang berisi air tersebut meletus, penularan juga bisa melalui air saliva atau air liur dan sentuhan langsung. Virus yang termasuk keluarga Herpes adalah Virus Epstein Bar, Varicella zoster (penyebab cacar air) dan Herpes Simpleks (penyebab Cold sores).

6. Penyakit meningakokus

Di antara penyakit yang lain ini adalah yang paling berbahaya karena dapat mengancam keselamatan penderitannya. Virus ini menyerang selaput otak yang mengakhibatkan penderita mengalami radang selaput otak (meninges) dan sumsung tulang belakang.

Virus ini menular melalui cairan lendir atau air liur/saliva yang terhisap oleh pasangan ciuman Anda dan menyebar ke otak dan sumsum tulang belakang.

Berciuman memang mengasyikan bagi orang dewasa, namun kita perlu mengetahui dampak dari ciuman tersebut, inilah beberapa penyakit yang dapat menular melalui ciuman, semoga dapat menjadi referensi untuk kita semua agar tidak sembarangan melakukan ciuman.

Berciuman dengan pasangan lebih menyehatkan, selain dapat menjalin hubungan semakin harmonis juga menyehatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages