Studi: Menikahi Sepupu Sendiri Baik untuk Kesehatan Jantung

Studi: Menikahi Sepupu Sendiri Baik untuk Kesehatan Jantung
Studi: Menikahi Sepupu Sendiri Baik untuk Kesehatan Jantung
Berita Kesehatan - Pernikahan antara saudara sepupu memang sering jadi kontroversi. Selama ini dunia kedokteran menyarankan untuk menghindari hal ini. Kedekatan hubungan darah antara saudara sepupu bisa menciptakan efek negatif pada anak pasangan itu kelak.

Namun sebuah studi yang dilakukan peneliti dari University of Pennsylvania AS baru-baru ini menemukan hal yang berbeda. Melansir Daily Star, Kamis (4/5/2017), studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature ini menemukan, pernikahan antar-saudara sepupu memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Studi ini dilakukan pada sebuah desa nelayan kecil di pesisir Pakistan. Di desa ini, pernikahan antara saudara sepupu adalah hal yang normal. Menariknya, dari fenomena ini para peneliti menemukan, kelompok orang ini kehilangan gen APOC3 mereka.

APOC3 adalah gen yang membantu pengaturan metabolisme dan lipoprotein yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Orang-orang yang kehilangan gen APOC3 tidak mengalami peningkatan plasma trigliserida setelah mereka makan makanan berlemak--seperti yang terjadi pada orang pemilik gen ini. Ini artinya, mereka berisiko lebih kecil terkena penyakit jantung.

Majalah Science melaporkan, para peneliti menyingkirkan fungsi gen ini pada tikus untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana cara kerjanya. Namun, teknik laboratorium ini belum bisa dilakukan pada manusia.

Studi di Pakistan ini memberikan peneliti cara baru untuk mempelajari gen. Tim peneliti ini akan menggunakan penemuan mereka untuk melakukan studi lanjutan pada serangan jantung, diabetes tipe 2, autisme, dan gejala awal Parkinson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages